Anjing Pembantu Memimpin Jalan Menuju Harapan

Anjing Pembantu Memimpin Jalan Menuju Harapan

Semuanya dimulai dengan pemelihara anak anjing.

Selama lebih dari 70 tahun, Pandu Anjing Amerika | Tender Loving Canines (GDA | TLC) telah berhasil dalam misinya untuk “mengubah kehidupan melalui kemitraan dengan anjing pemandu”.

Terletak di kampus seluas 7,5 hektar di Los Angeles, California, GDA | TLC membiakkan, membesarkan, dan melatih anjing pelayan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Anjing layanan mereka mengubah hidup banyak orang, termasuk mereka yang buta atau tunanetra, anak autis, dan veteran dengan PTSD.

Dari saat anak anjing lahir di GDA | Kampus TLC, mereka adalah simbol harapan. Setelah dilatih dengan benar, anjing pelayan ini membantu pemiliknya dengan berbagai tugas sehari-hari, memberdayakan mereka untuk hidup dengan kebebasan dan kemudahan yang lebih besar.

Bergantung pada kebutuhan khusus pemiliknya, anjing penolong dapat melakukan tugas yang membantu mobilitas dan keterampilan hidup sehari-hari, dan bahkan mengurangi gejala stres dan kecemasan.

Salah satu komponen fundamental GDA | TLC adalah program pemeliharaan anak anjingnya.

“Puppy-raisers” adalah keluarga asuh sukarela yang menyambut anak anjing berusia delapan minggu ke dalam rumah mereka sampai anjing tersebut berusia sekitar 18 bulan. Mereka mencurahkan waktu yang tak ternilai untuk pelatihan dan mencintai sahabat berbulu ini. Pemelihara anak anjing mempersiapkan anjing untuk pelatihan formal dengan mengajari mereka kepatuhan dasar dan tata krama rumah tangga. Departemen pengembangan anjing sekolah mendukung pemelihara anak anjing di setiap langkahnya. Semua biaya utama, seperti janji dengan dokter hewan dan asrama, ditanggung oleh GDA | TLC. Program ini tidak akan dapat berdampak pada banyak nyawa tanpa dedikasi dari para pemelihara anak anjingnya.

Beberapa orang mungkin ragu-ragu untuk memelihara anak anjing, karena takut mereka akan terikat secara emosional dengan anak anjing tersebut. Sementara bentuk ikatan anak anjing adalah bagian normal dari perjalanan yang menakjubkan ini, itu artinya jika dibandingkan dengan hasil dari proses yang sangat bermanfaat ini.

“Ini benar-benar perasaan yang baik,” kata Lori Andersen, peternak anak anjing. “Itu membuat Anda merasa seperti Anda adalah bagian dari sesuatu yang hebat.”

Setelah berjuang menuju tujuan bersama yang luar biasa di samping GDA | Komunitas TLC, banyak sukarelawan yang terus membesarkan anak anjing selama bertahun-tahun yang akan datang.

Dari kiri ke kanan: pemelihara anak anjing Ceci Sanford, Bob dan Pam English, dan Natalie Hooper dengan anak anjing mereka dalam pelatihan

Pam dan Bob English adalah contoh cemerlang tentang apa artinya menjadi pemelihara anak anjing, dan mereka menjadi sukarelawan di GDA | TLC selama lebih dari 35 tahun. Sebagai pemelihara anjing berpengalaman, mereka senang mendukung, menyemangati, dan berbagi kebijaksanaan dengan mereka yang baru memulai perjalanan mereka.

Salah satu kenangan favorit mereka sebagai pemelihara anak anjing terjadi baru-baru ini: Seekor anak anjing yang dibesarkan oleh keluarga mereka dijodohkan dengan teman lama yang tunanetra.

“Ini adalah pengalaman unik yang tidak akan pernah Anda pahami sampai Anda mencobanya,” kata Pam. “Hal-hal yang paling berharga dalam hidup tidak selalu merupakan hal termudah untuk dilakukan, tetapi sering kali itu adalah yang paling memuaskan.”

Max, anjing layanan veteran, berlatih aba-aba dengan pawangnya

Meskipun merupakan komitmen besar, GDA | Komunitas TLC membuat proses dapat dicapai dan bermanfaat.

“Itu bukan anjing peliharaan. Itu adalah anjing yang akan mengubah hidup orang lain, ”kata Holly Sjogren, yang telah menjadi pemelihara anak anjing yang konsisten sejak 2017.

“Bagaimana Anda bisa mengatakan tidak untuk membantu orang tunanetra atau membantu seorang veteran dengan PTSD? Bagaimana mungkin Anda tidak membiarkan anjing itu mengubah hidup seseorang?”

Momen spesial dengan anjing spesial

Holly adalah seorang guru di Hope View Elementary dan telah memperkenalkan banyak anak ke GDA | Misi mengubah hidup TLC dengan membawa anak anjingnya bekerja bersamanya setiap hari.

Dia menggunakan anjing itu sebagai insentif untuk perilaku yang baik di kelas. Anak-anak dapat bekerja untuk mendapatkan GDA khusus | Hadiah TLC untuk perilaku positif, termasuk pensil dan stiker. Hadiah utamanya adalah jalan-jalan dengan anak anjing.

“Kamu harus melakukan yang terbaik di bidang apa pun yang kamu pilih,” dia mengajar murid-muridnya, “tetapi pada saat yang sama, kamu perlu menjadikan dunia tempat yang lebih baik dan melakukan perbuatan baik untuk orang lain.”

Penerima anjing layanan autisme Tracy, dengan anjing layanannya, Timon – ikatan yang unik

Bergabung dengan program pemelihara anak anjing GDA berarti menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri Anda sendiri. Selama tahun yang dihabiskan bersama anak anjing spesial ini, Anda akan berlatih di rumah, di depan umum, dan bergabung dalam tamasya kelompok dengan pemelihara anak anjing lainnya. Anda akan memiliki kesempatan untuk berbagi dengan orang-orang di sekitar Anda tentang pekerjaan yang mengubah hidup yang dilakukan GDA | TLC melakukannya untuk banyak orang, serta bagaimana program dan anak anjing ini memengaruhi hidup Anda.

Seperti yang dikatakan oleh peternak anak anjing Lori Andersen, “Anak anjing itu adalah hadiah kembali, tidak hanya untuk GDA | TLC tetapi juga kepada seseorang yang akan membutuhkan dan mencintai anak anjing itu lebih dari yang dapat kita bayangkan.

Karena Anjing Pemandu Amerika dan Anjing Penyayang yang Lembut terus tumbuh, begitu pula kebutuhannya akan pemelihara anak anjing. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan GDA | Komunitas TLC dan perubahan hidup melalui pemeliharaan anak anjing, silakan kunjungi www.guidedogsofamerica.org.

Author: Michael Jenkins